Panduan Cara Membuat Surat Untuk Guru Yang Benar

Surat untuk guru dari siswa berupa surat izin termasuk surat pribadi yang sebenarnya tidak ada aturan khusus dalam pembuatannya. Namun surat yang ditujukan oleh guru ini tentu saja harus memenuhi norma kesopanan dan berisi hal yang jelas dan lengkap. Nah, khusus dalam pembahasan kali ini akan diberikan bagaimana cara membuat surat untuk guru yang benar. Dengan panduan cara ini diharapkan orang tua atau wali ataupun siswa bisa membuat surat izin untuk guru dengan baik dan benar.

Surat untuk guru dari siswa berupa surat izin termasuk surat pribadi yang sebenarnya tidak Panduan Cara Membuat Surat Untuk Guru Yang Benar
Baca Juga : Cara Pemesanan Mobil Tata Nano Mewah Termurah di Indonesia

Bagian-Bagian Surat Izin Untuk Guru Yang Benar

Dalam cara membuat surat untuk guru khususnya surat izin, maka dalam surat tersebut minimal tercantum pengirim surat, alasan izin tidak sekolah, dan juga penerima surat. Tiga hal ini merupakan inti dari surat izin tidak bisa masuk sekolah. Cara membuat surat izin sakit SMP ataupun SMA dan jenjang pendidikan lainnya sama saja, berikut ini bagian-bagian yang harus tertera dalam surat izin untuk guru:
  • Tanggal pembuatan

Bagian pertama yang harus ada dalam surat izin untuk tidak masuk sekolah adalah tanggal pembuatan surat. Tanggal pembuatan surat ini juga mempunyai fungsi untuk memberitahukan bahwa anak tersebut tidak bisa masuk sekolah pada tanggal tersebut. Penulisan tanggal ini ada dibagian pojok kanan kertas diawali dengan nama kota kemudian tanggal, bulan, dan tahun.
  • Penerima surat

Penerima surat ini merupakan bagian yang sangat penting dalam surat izin untuk guru. Ada banyak contoh surat izin sakit tulisan tangan penulisan penerima suratnya kurang tepat. Penulisan penerima surat yang tepat yaitu ditulis dibawah tanggal pembuatan, penerima yang dituju adalah guru di sekolah sehingga harus ditulis lengkap beserta alamat sekolahnya.
  • Isi surat

Bagian lainnya dalam surat izin untuk guru yang paling penting adalah isi surat. Isi surat ini diawali dengan salam pembuka kemudian pembuka lalu isi surat yang memberitahukan bahwa anak dengan nama dan kelas tersebut tidak bisa masuk sekolah. Dalam bagian isi ini juga dituliskan alasan tidak bisa masuk sekolah secara jelas. Kemudian pada bagian penutup jangan lupa ditulis kalimat penutup yang sopan.
  • Tanda tangan orang tua atau wali

Pada bagian terakhir dalam surat izin untuk guru ini wajib dibubuhi tanda tangan orang tua atau wali. Tanda tangan ini menunjukkan bahwa yang membuat surat adalah orang tua atau wali siswa yang bersangkutan. Dalam tanda tangan ini jangan lupa untuk menambahkan nama terang lengkap dari orang tua atau wali yang bersangkutan.
Pada intinya cara membuat surat untuk guru yang berisi izin untuk tidak masuk sekolah harus dibuat secara lengkap dan jelas. Selain itu, surat izin juga harus menggunakan bahasa yang formal dan sopan. Jika alasan izin tidak masuk sekolah karena sakit maka akan lebih baik jika dilengkapi dengan surat keterangan sakit dari dokter ataupun rumah sakit.
Lebih baru Lebih lama