Model Pisau Belati, Fungsi Dan Jenisnya

Bermacam jenis pisau ketika ini telah beredar di pasaran sesuai dengan fungsi dan kegunaan. Salah satu model pisau yang sanggup kita kenali yakni model pisau belati. Istilah pisau belati sudah jarang disebutkan akhir-akhir ini alasannya yakni kurang terkenal di kalangan anak muda. Bila Anda lahir di masa 1980-an atau awal 1990 mungkin masih mengenal istilah ini dengan baik. Pisau belati akan sangat dekat dengan pramuka yang memakai jenis pisau ini, meskipun hanya untuk hiasan.

Bermacam jenis pisau ketika ini telah beredar di pasaran sesuai dengan fungsi dan kegunaan Model Pisau Belati, Fungsi dan Jenisnya
Baca Juga : Lpse Pulang Pisau

Belati merupakan pisau yang lekat dengan label pengguna yang memilikinya. Label yang ada sanggup berupa profesi maupun organisasi tertentu. Namun demikian, pisau jenis ini juga dinamai menurut ukuran pisau tersebut. Ada yang beranggapan. Semua pisau genggam yang bukan pisau dapur sanggup disebut dengan istilah pisau belati. Karena itulah, ukuran pisau ini menjadi salah satu pola yang digunakan sebagi kriteria pisau belati tersebut. 

Jenis pisau belati secara umum sanggup dibagi menjadi 2 bagian, yaitu pisau dengan mata tunggal dan pisau bermata ganda. Untuk pisau bermata tunggal akan mempunyai bentuk dan ukuran yang sedikit lebih besar dibandingkan dengan yang bermata ganda. Pisau ini biasanya akan digunakan untuk melaksanakan sayatan atau tebasan sehingga mempunyai berat yang cukup untuk kegiatan tersebut. Pisau jenis ini terkadang juga difungsikan sebagai pisau untuk berburu alasannya yakni bentuk dan ukurannya yang pas.

Untuk jenis pisau yang bermata dua, akan mempunyai fungsi utama yaitu menusuk. Ukuran pisau ini lebih ramping dari pada pisau yang memakai satu mata. Hal ini untuk memudahkan dalam fungsi menusuk yang dimiliki. Meskipun demikian, fungsi pisau belati jenis ini juga sanggup digunakan untuk menebas dan menyayat, namun tidak memperlihatkan pengaruh yang optimal. Untuk itu, pilihan bentuk pisau akan sangat penting supaya kita mendapat hasil yang optimal dalam penggunaan.

Selain dari jumlah mata pada pisau yang memilih fungsi pisau tersebut, model pisau belati juga akan dikenali dari gagang yang digunakan pada jenis pisau ini. Biasanya pada gagang pisau akan terdapat kepala gagang dengan simbol tertentu sebagai identitas pisau. Identitas ini sanggup berupa cap atau gesekan dengan bentuk atau simbol tertentu. Misalkan simbol yang biasa digunakan yakni simbol kepala burung tertentu yang melambangkan sebuah perkumpulan tertentu.

Kualitas pisau belati yang biasa dijumpai akan terlihat dari materi yang digunakan oleh pisau tersebut. Kualitas yang ada akan terlihat dari materi yang digunakan untuk menciptakan bilah pisau yang tersedia. Model pisau belati mainan yang digunakan bawah umur biasanya akan terbuat dari materi besi biasa dengan kualitas yang rendah. Sedangkan untuk pisau yang fungsional akan terbuat dari materi baja berkualitas medium ataupun tinggi sesuai dengan fungsi yang dimiliki.
Lebih baru Lebih lama