Cara Pesan Online Tiket Kereta Api

Pesan Online Tiket Kereta Api - Selaku tubuh perjuangan yang mengurus layanan transportasi kereta api di tanah air, PT.Kereta Api Indonesia (PT.KAI) mengoperasikan banyak jenis kereta api (KA) penumpang mulai dari KA Utama ataupun KA Lokal di pulau Jawa dan Sumatera. Jenis KA itu mencakup : KA Eksekutif, KA Ekonomi AC, KA Bisnis, KA Ekonomi, KA Campuran, KA Lokal (Eksekutif, Bisnis dan Ekonomi) serta KRL.

 Selaku tubuh perjuangan yang mengurus layanan transportasi kereta api di tanah air Cara Pesan Online Tiket Kereta Api
Baca juga : Cara Pesan Gojek Medan


Banyak kemudahan yang akan didapat oleh penumpang kereta api sesuai dengan jenis KA yang digunakan. Tiap rangkaian KA sudah dilengkapi gerbong kereta makan sebagai layanan restorasi. Layanan restorasi ini menyediakan aneka masakan dan minuman selama perjalanan kereta dengan menu-menu khasnya. Termasuk layanan lain yang juga ditawarkan kepada penumpang yaitu kemudahan pemesanan tiket secara online. Bukan zamannya lagi membeli tiket kereta api dengan harus berdesak-desakan di depan loket. Kemajuan teknologi ikut memudahkan masyarakat yang hendak memesan tiket kereta untuk perjalanan mereka.

Pesan online tiket kereta api sanggup dilakukan masyarakat dengan mengakses website resmi PT.KAI di https://tiket.kereta-api.co.id. Pada halaman yang terbuka, perhatikan pada "Info Jadwal & Reservasi" di sebelah kanan. Di sini pemesan harus menentukan tanggal keberangkatan, menentukan stasiun asal, stasiun tujuan, jumlah penumpang remaja dan jumlah penumpang infant (bayi, usia kurang dari 3 tahun) kalau ada. Kemudian klik pada tombol "Tampilkan". Halaman gres akan terbuka yang akan menampilkan jenis-jenis KA yang melayani rute tersebut kalau memang ada. Jika ternyata aktivitas tidak tersedia untuk perjalanan kereta api dengan rute yang dipilih tersebut, pemesan sanggup mengulanginya dengan klik pada "Ubah Pencarian".

Misalnya saja pemesan hendak membooking tiket untuk rute dari stasiun Gambir Jakarta ke stasiun Gubeng Surabaya maka akan menampilkan jenis-jenis kereta api (Bangun Karta Eksekutif, Bima Eksekutif), jam keberangkatan, jam sampai, usang perjalanan (durasi) dan juga harga tiket. Klik pada tombol pesan untuk melanjutkan ke langkah input data pemesan dan data penumpang. Namun sebelumnya akan ditampilkan ringkasan Informasi Reservasi Kereta Api yang gres saja dilakukan. Untuk data penumpang yang harus dilengkapi yaitu nama lengkap dan nomor ID KTP/SIM/Paspor. Untuk yang belum mempunyai nomor ID maka cukup diisi tanggal lahir dengan format hhbbtttt. Sementara untuk data pemesan harus diisi : nama lengkap, email, no. ponsel dan alamat lengkap.

Berikutnya ialah halaman yang menampilkan opsi pembayaran mulai dari ATM bank, membayar di minimarket (Alfamart, Indomaret, Alfamidi dan Lawson), pembayaran di Payment Point (Kantor Pos, flasmobile channel, Klikpay BCA, Kartu Kredit VISA / Master Card), CIMB Clicks, epay-BRI, XL-Tunai,  Mandiri clickpay dan RailPay. Setelah pembayaran dipilih dan dilakukan maka pemesan akan mendapat email konfirmasi dan juga SMS konfirmasi yang berisi kodebooking, data diri dan data perjalanan penumpang. Nah kodebooking tersebut mesti ditukarkan dengan boarding pass di mesin Check-in corner di stasiun keberangkatan paling lambat 10 menit sebelum berangkat.

Lebih baru Lebih lama