Hari Koperasi Diperingati Setiap Tanggal Berapa? Ini Sejarahnya

Koperasi merupakan salah satu tubuh usaha yang sangat familiar di Indonesia. Terdapat banyak sekali macam jenis koperasi berdasarkan dari fungsinya. Hari koperasi diperingati setiap tanggal 12 Juli. Pada tahun ini, Indonesia telah memasuki usia 69 tahun koperasinya. Usia yang cukup panjang bukan? Asal muasal berdirinya koperasi di Indonesia mempunyai sejarah yang panjang. Sampai akhirnya, sekarang gampang sekali bagi masyarakat untuk mendirikan koperasi. Masyarakat tidak susah lagi untuk menemukan koperasi di kota-kota kecil bahkan di desa sekalipun.
Koperasi adalah suatu lembaga yang bergerak dalam bidang ekonomi yang mempunyai asas kekeluargaan. Itulah mengapa koperasi menjadi salah satu forum yang sangat cocok didirikan di Indonesia. Asas kemasyarakatan dan kekeluargaan yang dimilikinya akan membantu banyak masyarakat miskin dari hutang-hutang kepada rentenir yang sanggup mencekik. Itulah awal mula tujuan koperasi di Indonesia. Masyarakat sanggup melaksanakan simpanan dan tunjangan di koperasi tanpa membayar bunga yang sangat besar menyerupai ketika meminjam di rentenir.

Awal Mula Berdirinya Koperasi di Indonesia

Koperasi pertama kali dikenalkan di Indonesia pada tahun 1896. Tersebutlah seseorang yang berjulukan Raden Aria Wiriatmaja yang memperkenalkan koperasi pertama kalinya di tempat Jawa Tengah, tepatnya di Purwokerto. Koperasi pertama yang didirikan oleh dia yaitu koperasi kredit yang mempunyai tujuan menyerupai yang telah dijelaskan diatas. Pada ketika itu, banyak masyarakat miskin yang terjerat dengan rentenir. Tujuan koperasi pertama itulah yang akan membantu masyarakat dari jerat renternir.

Koperasi terus berkembang di Indonesia. Pada akhirnya, forum ini ditiru oleh organisasi Budi Oetomo serta Serikat Dagang Islam. Waktu terus berlalu dan ketika masa penjajahan Jepang terjadi, Jepang juga menggandakan forum koperasi. Koperasi yang didirikan oleh Jepang pada awalnya berjalan baik dan mempunyai fungsi menyerupai koperasi lain pada umumnya. Namun nyatanya, Jepang pada akibatnya hanya menyengsarakan rakyat alasannya yaitu mengeruk laba besar dari rakyat.

Pada akhirnya, pergerakan koperasi di Indonesia mengadakan kongres pada tanggal 12 Juli 1947. Pada hari dimana Indonesia akibatnya telah merdeka tersebut, kongres koperasi pertama kali diadakan. Kongres pertama di lakukan di kota Tasikmalaya. Itulah mengapa hari koperasi diperingati setiap tanggal 12 Juli. Pada kongres tersebut juga, banyak keputusan-keputusan yang ditentukan untuk membangun koperasi di Indonesia menjadi lebih maju. 

Kongres koperasi yang pertama tersebut dilakukan atas dorongan dari Bung Hatta. Pada akhirnya, kongres tersebut menghasilkan banyak keputusan dan diantaranya yaitu penetapan hari koperasi Indonesia. Kongres pertama tersebut juga menetapkan untuk menetapkan Bapak Koperasi Indonesia kepada bung Hatta. Itulah sejarah singkat mengenai berdirinya koperasi dan hasil kongres koperasi. Hari koperasi diperingati setiap tanggal 12 Juli untuk mengingatkan usaha panjang pendekar dalam mendirikannya.
Lebih baru Lebih lama