Mekanisme Cara Beli Barang di Alibaba dan Metode Pembayarannya

Cara Beli Barang di Alibaba - Alibaba.com boleh dikatakan sebagai gabungan dari Amazon.com, eBay.com dan PayPal.com. Namun menggunakan ciri khas masyarakat Cina. Tak sebagaimana Amazon dimana ia membeli barang dari supplier kemudian dijual ke konsumen, Alibaba cuma berperan menjadi penghubung yang menjembatani antara pembeli dan penjual sekaligus memberikan fasilitas transaksi. Akan tetapi pun tidak sebagai perusahaan lelang yang berperan menjadi calo layaknya eBay.

com boleh dikatakan sebagai gabungan dari Amazon Mekanisme Cara Beli Barang di Alibaba dan Metode Pembayarannya
Baca juga : Aplikasi di Play Store dengan Pulsa

Alibaba adalah marketplace yang hampir serupa dengan Bukalapak atau Tokopedia namun dengan jumlah produk yang mencapai ratusan juta item dan semua penjualnya asli dari China. Sebagian produk yang dijual di Alibaba bebas biaya kirim untuk tujuan ke Indonesia. Dan menariknya lagi, pembeli saat bertransaksi pun dilindungi keamanannya. Mekanisme pembayaran di Alibaba menggunakan sistem escrow alias rekening bersama yang dikelola dengan baik. Sehingga berbelanja di Alibaba, uang konsumen dijamin aman sebab sebelum menrima barang yang dipesan, Alibaba belum akan membayar ke pihak penjual.

Cara beli barang di Alibaba hampir sama dengan marketplace lain. Akses Alibaba.com dan lakukan login menggunakan email dan password yang terkait dengan akun Anda. Jika Anda belum memiliki akun, lakukan sign-up dan ikuti petunjuk pada layar. Cara beli barang di Alibaba berikutnya setelah memiliki akun yaitu mencari produk yang dibutuhkan. Ada beberapa cara mencari produk, Anda dapat mencari produk menggunakan kata kunci dengan memasukkan kata atau frasa ke dalam bar pencarian produk di homepage Alibaba. Klik pada tab "Product", ketikkan nama barang di kotak pencarian, pilih negara menggunakan menu drop-down dan klik tombol "Search". Anda juga dapat mencari produk menggunakan kategori di sisi kiri homepage. Arahkan kategori dan klik sub-kategori untuk menelusuri produk.

Setelah menemukan produk yang diinginkan, klik tombol "Contact Supplier" untuk melanjutkan proses. Isi formulir pesan dengan memasukkan baris subjek dan pesan ke supplier. Pesan tersebut harus mencakup pertanyaan yang mungkin Anda miliki tentang produk serta permintaan pembelian Anda.
Anda dapat mengklik link " Optional Details" untuk mengecek harga & ketentuan, jumlah pesanan, spesifikasi, waktu pengiriman dan profil perusahaan.
Centang kotak yang terdapat di bawah pesan. Klik "Send" untuk mengirim pesan kepada penjual dan tunggu dari penjual di Inbox.

Mari kita lihat pilihan pembayaran paling umum di Alibaba :

1. Bank Transfer
Dengan transfer bank, supplier akan menerima pembayaran penuh sebelum barang di tangan pembeli. metode pembayaran cukup beresiko bagi pembeli dan tidak dianjurkan ketika berhadapan dengan supplier yang belum dikenal. Kemungkinan kecil mendapatkan uang kembali bagi pembeli jika terjadi kesalahan.

2. Letter of Credit
LoC cukup aman bagi kedua belah pihak, namun letter of credit memiliki prosedur yang rumit dan hanya direkomendasikan untuk pembelian di atas $ 20.000.

3. Western Union
Sebuah metode pembayaran yang juga berisiko bagi pembeli. Western Union seharusnya digunakan ketika berhadapan dengan supplier yang memang sudah dikenal baik.

4. PayPal
Paypal adalah metode pembayaran yang populer bagi pembeli karena risikonya yang rendah, kemudahan penggunaan dan perlindungan maksimal di pihak pembeli. Meskipun populer bagi pembeli, namun sebaliknya bagi penjual sebab lebih sulit menarik uang, tarif pajak yang tinggi dan potensi dispute dari pembeli tak jujur.

5. Escrow
Bila menggunakan layanan Escrow, uang pembeli dipegang oleh pihak Alibaba dan hanya dibayarkan kepada supplier setelah pembeli mengkonfirmasi bahwa barang sudah diterima. Escrow adalah metode pembayaran yang cukup aman untuk membeli dan menjual secara online.
Lebih baru Lebih lama