Cara Kirim Pesan Lewat Email Gmail

Cara kirim pesan lewat email Gmail sangat gampang dilakukan bahkan oleh para pemula sekalipun. Pertama, jalan masuk Gmail dengan alamat https://mail.google.com/. Selanjutnya dari halaman yang terbuka tepatnya sebelah kiri atas, klik pada "Tulis". Pada kolom "Kepada", masukkan email penerima. Bila memang diperlukan, Anda pun boleh menambahkan email peserta di kolom "cc" dan "bcc". Berikutnya ketikkan subjek sebagai semacam judul dari isi email yang akan dikirimkan. Kemudian ketikkan isi email Anda. Selesai menulis isi pesan, pada sebelah bawah laman, klik tombol "Kirim".
 Gmail sangat gampang dilakukan bahkan oleh para pemula sekalipun Cara Kirim Pesan Lewat Email Gmail
Baca juga : Cara Melihat Pesan FB yang Sudah Dihapus Tanpa Email

Bila alasannya terjadi kesalahan namun email gres saja dikirimkan, anda masih dapat membatalkan email tersebut menggunakan fitur "Urung Kirim". Saat "Urung Kirim" maka Anda dapat menarik kembali email persis setelah tombol Kirim diklik. Langkahnya, mula-mula aktifkan fitur "Urung Kirim" dengan masuk ke sajian Setelan di sebelah kanan atas. Berikan tanda centang pada kotak di sebelah goresan pena "Aktifkan Urung Kirim". Di opsi "Kirim waktu pembatalan", tentukan waktu bila ingin membatalkan mengirim email. Lalu pada sebelah bawah layar, klik pada tombol "Simpan Perubahan".

Sesudah fitur Urung Kirim aktif maka Anda dapat membatalkan pengiriman e-mail. Pesan yang gres saja dikirim akan menampilkan pemberitahuan berupa goresan pena "Pesan Anda telah dikirim" serta pilihan Urung atau Lihat pesan. Untuk membatalkannya klik pada tombol Urung. Gmail pun mempunyai fitur untuk menambahkan peserta email yaitu lewat kolom "cc". Saat akan mengirimkan email, Anda dapat menambahkan peserta di kolom "kepada", "cc", atau "bcc". Untuk menuliskan komplemen email peserta ini, anda harus menambahkan koma (,) diantara alamat email penerima. Apabila butuh mengirimkan pesan ke banyak email, Anda pun dapat menciptakan grup, selanjutnya tambahkan alamat email grup pada kolom "kepada".

Sedangkan bila anda ingin membalas email yang anda terima, caranya yakni sebagai berikut. Akses layanan Gmail lalu Buka pesan. Di bawah pesan, klik pada tombol Balas atau Balas ke semua. Kemudian bila ingin mengirim email menggunakan alamat email lain ibarat dari Yahoo, Outlook, atau yang lainnya (@sekolahanda.edu, aliasanda@gmail.com) dapat juga dilakukan lewat Gmail. Sebelumnya anda harus menambahkan alamat email lain itu di Setelan. Untuk itu klik pada opsi Setelan, lalu klik tab Akun dan Impor atau Akun.

Pada opsi "Kirim email sebagai", klik pada tombol "Tambahkan alamat email Anda lainnya". Ketikkan nama dan email yang bertindak sebagai pengirim. Kemudian klik pada tombol "Langkah Berikutnya". Lanjutkan dengan mengetikkan server SMTP misalnya smtp.domain.com), nama pengguna dan password. Akhiri dengan klik pada tombol "Tambahkan akun". Berikutnya anda harus melaksanakan konfirmasi alamat email yang ditambahkan tadi. Akses ke akun email yang ditambahkan tadi dan buka email konfirmasi dari Gmail serta klik pada link di dalamnya. Selesai, sekarang anda sudah dapat mengirim email dari Gmail menggunakan alamat email lain.

Lebih baru Lebih lama