Alat Pertanian Modern Rakitan Di Indonesia

Aktivitas bertani sudah dilakukan semenjak jaman dahulu kala. Sejak ketika itu pula alat-alat pertanian sudah ditemukan dan digunakan untuk membantuk pekerjaan insan ketika bertani. Seiring berkembangnya jaman, acara pertanian tidak lalu menghilang. Bahkan justru mengalami kemajuan yang ditunjukkan dengan semakin majunya alat-alat pertanian. Benar, ketika ini telah tersedia banyak bentuk alat pertanian modern yang semakin memudahkan pekerjaan bertani. Berikut ini akan disampaikan beberapa alat pertanian masakini yang sanggup digunakan di Indonesia sebagai negara agraria terbesar di dunia. Tak perlu berlama lagi, mari kita mulai dari yang pertama, yakni Rotavator. Rotavator yaitu mesin untuk mengolah tanah. Pengolahan tanah yaitu hal yang wajib dilakukan ketika bertani. Pada fase inilah tanah menjadi subur dan siap untuk ditanami. Rotavator sanggup menjadi andalan untuk fase awal dari pengolahan tanah.

 Aktivitas bertani sudah dilakukan semenjak jaman dahulu kala Alat Pertanian Modern Rakitan di Indonesia
Mesin Penanam Padi NSPU 68C

Fase awal atau fase pertama itu yaitu mencacah, memotong, dan membolak balikkan tanah. Dengan proses ini, tanah menjadi tidak lagi keras dan sangat padat. Selanjutnya, rotavator sanggup merapikannya dan menghancurkan flora pengganggu yang mungkin tumbuh sebelum tanah dibalikkan. Selain itu ada juga alat yang disebut garu piring atau garu piringan. Sesuai namanya, alat pertanian modern ini mempunyai garu berbentuk piringan pada sisi kanan dan kirinya. Alat ini benar-benar modern selain ditunjukkan dengan bentuknya, juga dengan fungsinya. Dua fungsi sanggup dijalankan alat ini, yang pertama yaitu fungsi membersihkan rerumputan sebelum sebelum penanaman. Kemudian yang kedua yaitu untuk menutup benih yang sudah diletakkan pada lubang tanam. Proses ini sanggup dilakukan derma piringan garu yang ada di kedua sisi. Selanjutnya ada alat modern untuk fungsi penanaman benih.
 
Di beberapa negara sudah ada banyak mesin untuk menanam benih. Menggunakan mesin ini memang menimbulkan pekerjaan lebih singkat dan ekonomis tenaga dan biaya. Misalnya mesin penanam padi dengan nama NSPU-68C. Mesin ini berbentuk ibarat traktor dengan bidang khusus untuk benih padi di sisi belakang. Sembari berjalan, mesin ini akan dengan sendirinya menanam benih padi tersebut. Sebagai operator, mereka cukup menjalankan mesin ini maju ke depan sesuai dengan contoh yang ada. Begitu juga alat pertanian modern lainnya ibarat penanam kentang. Alat ini secara fisik lebih besar berbentuk gerobak dengan kolam khusus yang berisi kentang. Satu per satu kentang akan ditanamkan pada daerah yang dilewati oleh kolam tersebut. Bak ini sendiri ditarik oleh traktor khusus yang bentuknya tentu berbeda dari traktor penanam padi tadi. Ini belum semuanya, ada juga alat dengan fungsi pemupukan.

 Aktivitas bertani sudah dilakukan semenjak jaman dahulu kala Alat Pertanian Modern Rakitan di Indonesia
600 Gallon Sprayers

Fungsi ini biasanya dikaitkan juga dengan pengendalian hama. Ada banyak bentuk dari mesin ini, salah satunya yaitu semprotan berjulukan 600 Gallon Sprayers. Sesuai dengan namanya, alat pertanian modern ini mempunyai kemampuan menyemprotkan 600 galon berisi cairan khusus pengusir hama. Alat ini juga dikendalikan dengan traktor khusus dan biasa digunakan untuk flora ibarat kentang, ketela, dsb. Selain cairan, ada juga mesin yang berfungsi untuk mengembangkan pupuk secara massal. Alat ini berbentuk ibarat truk dengan kolam yang tutupnya sanggup dibuka dengan kontrol khusus. Dengan alat ini, penyebaran pupuk menjadi lebih mudah, efektif, dan efisien. Alat-alat ini hanyalah sebagian kecil dari alat modern yang ada pada masa sekarang. Seiring berjalannya waktu, tentu akan semakin banyak ditemukan alat-alat modern lain yang sanggup diaplikasikan di Indonesia maupun di negara lain.
Lebih baru Lebih lama