Ptk ipa smp kelas 8 semester 2 kurikulum 2019 sistem tata surya :
B. Identifikasi Masalah
Selama proses pembelajaran berlangsung , sebagian besar siswa kurang bersemangat mengikutinya, dan dikala diberikan soal-soal latihan mereka mengalami kesulitan dalam mengerjakannya, hal ini terjadi alasannya ialah para siswa belum memahami bahan pelajaran yang telah dikelaskan oleh guru.
Hasil tes yang diperoleh dari jumlah siswa sebanyak 43, hanya 17 siswa yang mendapat nilai di atas 6 atau sekitar 42 %. Siswa yang mendapat nilai di bawah 6 sebanyak 25 siswa atau sekitar 58 %. Hasil tes ini tidak sesuai dengan apa yang dibutuhkan alasannya ialah masih di bawah standar ketuntasan minimal, hal ini mengisyaratkan bahwa tingkat penguasaan siswa terhadap bahan pelajaran masih rendah.
Berdasarkan hal tersebut di atas, maka penulis mencoba untuk mengidentifikasi faktor penyebab kurang berhasilnya proses pembelajaran yang sudah dilaksanakan sehingga hasil mencar ilmu siswa rendah. Ada beberapa persoalan yang terjadi dalam proses pembelajaran, yaitu :
1. Rendahnya tingkat penguasaan siswa terhadap bahan pelajaran hal ini sanggup dilihat dari hasil tes yang masih di bawah standar KKM;
2. Teknik pembelajaran mengenai sistem tata surya kurang bervariasi;
3. Siswa kurang termotivasi untuk mengikuti pelajaran.
Baca Juga : soal ipa smp kelas 9 dan kunci jawaban
Baca Juga : soal ipa smp kelas 9 dan kunci jawaban
C. Analisis Masalah
Berdasarkan identifikasi persoalan yang dikemukakan, penulis mencoba menganalisis penyebab rendahnya hasil mencar ilmu siswa, diantaranya :
1. Mengapa hasil mencar ilmu siswa rendah ?
2. Mengapa penguasaan bahan pelajaran siswa dalam proses pembelajaran rendah ?
3. Mengapa siswa kurang termotivasi dalam mengikuti pelajaran?
D. Rumusan Masalah
Berdasarkan analisis persoalan di atas, maka yang akan menjadi fokus perbaikan pembelajaran ialah :
1. Apakah penerapan metode demonstrasi dengan memakai media audio visual sanggup meningkatkan pemahaman mengenai sistem tata surya pada siswa kelas 6 ?
E. Tujuan Penelitian
Berdasarkan pertanyaan penelitian tindakan kelas yang terdapat
pada rumusan persoalan di atas, maka penelitian ini bertujuan :
1. Untuk meningkatkan pemahaman mengenai sistem tata surya pada siswa kelas 6 melalui penerapan metode demonstrasi dengan memakai media audio visual.
F. Manfaat perbaikan
1. Manfaat bagi siswa, untuk meningkatkan pemahaman siswa mengenai sistem tata surya.
2. Manfaat bagi guru, untuk menyebarkan potensi guru dalam pembelajaran IPA dengan menerapkan metode demonstrasi dengan memakai media audio visual.
3. Manfaat bagi sekolah, untuk meningkatkan kwalitas pendidikan dasar.
http://guruipabanyuasin.blogspot.com