Prosedur Pesan Tiket di PT. KAI Online, begitu Simpel Cara Pesan Tiket Kereta Api

Kereta api bisa dikatakan sebagai moda angkutan favorit bagi para pelancong. Di samping harga tiket kereta api yang sangat terjangkau, angkutan massal ini pun memberikan kenyamanan serta anti macet. Tak aneh jika sebagian besar wisatawan memilih menempuh perjalanan menggunakan kereta api ketimbang naik pesawat terbang dengan tarif mahal. Naik bus pun berpotensi terjebak kemacetan di sepanjang jalan yang dilalui.

Faktor lain yang juga menyenangkan saat bepergian dengan kereta api yaitu segala macam kebutuhan sudah tersedia. Kebutuhan makan, toilet, hiburan hingga colokan untuk cas ponsel pun disediakan dalam gerbong. Dan saat ini memesan tiket kereta api pun sangat dimudahkan oleh PT. Kereta Api Indonesia (PT.KAI) lewat layanan booking online. PT. KAI online adalah layanan pemesanan tiket kereta api yang bisa digunakan masyarakat pengguna saat akan bepergian. PT.KAI online dapat diakses oleh calon penumpang dengan mengunjungi https://kai.id

Tampilan Situs Resmi kai.id

Website resmi PT. KAI tersebut menyediakan layanan pemesanan tiket dengan prosedur / cara pesan tiket kereta yang mudah. Setelah laman PT.KAI terbuka, di sebelah kiri terlihat pilihan pemesanan tiket. Pertama, pengguna harus menentukan Stasiun Asal dimana ia akan berangkat. Klik pada "Stasiun Asal" dan pilih salah satu yang sesuai misalnya akan berangkat dari Stasiun Bandung (BD). Selanjutnya, klik pada "Stasiun Tujuan" dan seperti sebelumnya tentukan Stasiun yang menjadi tujuan perjalanan yang akan dilakukan misalnya Yogyakarta (YK).

Lanjut dengan menentukan "Tanggal Berangkat" dengan klik pada kalender yang ditampilkan misalnya 02-March-2018. Berikutnya menentukan jumlah orang yang akan berangkat yang dibedakan dalam penumpang dewasa dan penumpang infant (bayi, usia kurang dari 3 tahun) misalnya :1 orang dewasa tanpa membawa bayi. Terakhir, klik pada tombol "Pesan & Cari Kereta". Halaman baru akan ditampilkan yang berisi semua kelas kereta dengan jalur sesuai yang dipilih. Data-data yang ditampilkan di halaman itu mulai dari : jenis kereta, jam berangkat, jam sampai, durasi perjalanan, harga dan ketersediaan (masih tersedia atau habis).

Klik pada tombol "Pesan" sesuai jenis kereta yang dipilih. Pemesan akan diberikan halaman baru untuk login bila memang sebelumnya sudah memiliki akun di situs PT.KAI online ini. Bila belum, klik pada tombol "Registrasi" untuk melakukan pendaftaran dan membuat akun. Atau pilihan lain adalah memesan tanpa mendaftar dengan klik pada tombol "Pesan Tanpa Daftar".

Bila yang dipilih pemesan adalah "Pesan Tanpa Daftar" maka halaman selanjutnya yang ditampilkan adalah detil Informasi Reservasi Kereta Api. Berikut contohnya :

Informasi Reservasi Kereta Api

- Nama KA (No) : MALABAR (92)
- Kelas : Ekonomi (C)
- Asal : BANDUNG (BD)
- Tujuan : YOGYAKARTA (YK)
- Berangkat : 02 Mar 2018, 15:45 WIB
- Tiba : 03 Mar 2018, 00:00 WIB
- Harga Tiket : Dewasa Rp.190.000 Infant Rp.0
- Jumlah Penumpang : Dewasa 1 Infant 0

Selanjutnya berikan tanda centang untuk menyetujui ketentuan yang diberlakukan PT.KAI online untuk pemesanan tersebut. Klik pada tombol "Selanjutnya" untuk masuk ke halaman pengisian identitas penumpang dan pemesan. Data-data yang harus dilengkapi untuk penumpang adalah : Nama dan nomor NIK bila telah berusia 17 tahun. Bila penumpang kurang dari 17 tahun maka diisi nama dan tanggal lahir dengan format hhbbtttt. Kemudian untuk data pemesan yang harus dilengkapi adalah : Nama, email, nomor telepon dan alamat.

Berikutnya isikan kode Captcha yang ditampilkan dan kemudian klik pada tombol "Selanjutnya". Proses selanjutnya adalah melakukan pembayaran dimana detilnya akan dikirimkan oleh sistem PT.KAI online ke alamat email pemesan. Setelah proses pembayaran beres dilakukan, pemesan akan mendapatkan kode booking yang dikirimkan ke alamat email. Kode booking harus dibawa penumpang untuk ditukarkan dengan boarding pass pada 3 jam sebelum jam keberangkatan kereta.
Lebih baru Lebih lama