Pesan Tiket Kereta Api Lebaran 2018

Tak terhitung lagi pemudik yang kesal mengetahui tiket kereta api Lebaran habis sesaat setelah layanan pemesanan online dibuka jam 00.00 WIB. Umumnya calon penumpang ingin pesan tiket kereta api Lebaran untuk keberangkatan kereta di H-2 dan H-1 Lebaran. Bila memang tak kebagian tiket kereta reguler sebenarnya calon penumpang tak perlu terlalu risau. Calon penumpang dapat mencoba melakukan pemesanan tiket kereta tambahan Lebaran dimana layanannya dibuka dari H-60.


Tingginya akses ke website PT.KAI sedikit banyak akan menyebabkan server tak stabil. Andaipun calon pemesan bisa akses ke website, adakalanya tiket kereta yang diinginkan telah habis dipesan. Ada tips yang bisa digunakan calon penumpang agar bisa  mendapatkan tiket kereta Lebaran. Jangan mengakses website persis di jam 00.00 namun lakukan sekitar 7 menit sesudah itu. Jika masih belum berhasil, lakukan kembali setengah jam atau satu jam kemudian. Logikanya, dari banyak transaksi beberapa mungkin gagal ke tahap pembayaran sehingga transaksi gagal. Atau juga salah mengisi identitas sehingga pemesan tersebut harus mengulang kembali proses pemesanan. Dari transaksi-transaksi yang gagal tersebut maka tiket kereta dikembalikan ke sistem.

Tips lainnya cara pesan tiket kereta api lebaran 2018 yaitu calon penumpang tak hanya mengakses satu website saja. PT.KAI sekarang ini telah menjalin kerja sama dengan 26 vendor untuk layanan penjualan tiket secara online semisal saja website traveling hingga situs jual-beli online. Gunakan pilihan lain selain website resmi PT.KAI. PT.KAI sendiri menjamin tidak ada segala macam bentuk kecurangan dalam pemesanan tiket kereta api Lebaran 2018.

PT.KAI selalu menyediakan tiket kereta api mudik tambahan yang berangkat dari Jakarta khusus untuk keberangkatan di H-10 hingga H+10. Untuk Lebaran 2017 kemarin disediakan 19 perjalanan kereta tambahan di luar kereta reguler dengan daya angkut mencapai total hampir 23 ribu orang. Dan seperti juga pesan tiket kereta api Lebaran reguler, kereta tambahan pun dapat dipesan secara online dari jam 00.00 WIB mulai H-60 sebelum keberangkatan.


Berikut adalah kereta tambahan Lebaran yang disediakan untuk musim mudik 2017 :

- Kereta Argo Lawu tujuan Gambir-Solo kapasitas 700 tempat duduk
- Argo Dwi Pangga tujuan Gambir-Solo kapasitas 700 tempat duduk
- Taksaka Lebaran tujuan Gambir-Yogyakarta kapasitas 700 tempat duduk
- Taksaka Tambahan tujuan Yogyakarta-Gambir kapasitas 700 tempat duduk
- Argo Sindoro tujuan Semarang Tawang-Gambir kapasitas 700 tempat duduk
- Argo Muria tujuan Semarang Tawang-Gambir kapasitas 700 tempat duduk
- Gajayana Lebaran tujuan Gambir-Malang kapasitas 700 tempat duduk
- Sembrani Lebaran tujuan Gambir-Pasar Turi kapasitas 700 tempat duduk
- Purwojaya Lebaran tujuan Gambir-Cilacap kapasitas 1.040 tempat duduk
- Lodaya Lebaran tujuan Bandung-Solo kapasitas 964 tempat duduk
- Sancaka Lebaran tujuan Yogyakarta-Surabaya Gubeng kapasitas 1.152 tempat duduk
- Tawang Jaya Lebaran tujuan Pasar Senen-Semarang Poncol kapasitas 1.696 tempat duduk
- Pasundan Lebaran tujuan Kiaracondong-Surabaya Gubeng kapasitas 1.368 tempat duduk
- Kutojaya Lebaran tujuan Pasar Senen-Kutoarjo kapasitas 1.600 tempat duduk
- Kutojaya Tambahan tujuan Pasar Senen-Kutoarjo kapasitas 1.696 tempat duduk
- Kutojaya Lebaran tujuan Kiaracondong-Kutoarjo kapasitas 1.368 tempat duduk
- Matarmaja Lebaran tujuan Pasar Senen-Malang kapasitas 1.792 tempat duduk
- Kertajaya Lebaran tujuan Pasar Senen-Pasar Turi kapasitas 1.792 tempat duduk
- Brantas Lebaran tujuan Pasar Senen-Blitar kapasitas 1.792 tempat duduk

1. Pesan tiket kereta di situs KAI

Pihak KAI sudah menyediakan layanan website resmi dengan tautan https://tiket.kereta-api.co.id/. Begitu lamannya ditampilkan, klik saja menu Reservasi Tiket & Preorder. Masukkan data-data yang dibutuhkan di kolomnya masing-masing. Untuk kolom Tanggal, tetapkan kapan hari keberangkatan. Selanjutnya untuk kolom Stasiun Asal, tetapkan stasiun tempat keberangkatan. Untuk kolom Stasiun Tujuan, tentukan stasiun tujuan keberangkatan. Untuk kolom Jumlah Penumpang diisi menurut jumlah penumpang yang hendak pergi. Di sini dibedakan antara penumpang dewasa, anak-anak dan bayi (usia <3thn). Akhiri dengan menekan tombol Tampilkan.

Laman selanjutnya memperlihatkan data-data jadwal keberangkatan kereta dari berbagai kelas sesuai rute perjalanan yang dipilih pemesan. Untuk laman ini pemesan bisa memilih sendiri akan berangkat pada jam berapa sesuai yang diinginkan. Pilih juga jenis kereta yang dibutuhkan yang meliputi kelas eksekutif, kelas bisnis dan kelas ekonomi. Berikutnya tekan pada ombol Booking untuk mengirimkan order ke sistem. Detil terkait data-data pemesanan tiket akan ditampilkan di layar meliputi : nama kereta, tanggal dan jam berangkat, jam tiba, banyaknya penumpang dan jumlah uang yang harus dibayar. Berikan tanda centang pada "saya setuju" lalu tekan tombol Lanjutkan.

Selanjutnya pilih alternatif pembayaran yang disediakan yang meliputi : transfer dari ATM, membayarnya di Indomaret/Alfamart atau membayarnya lewat kantor pos. Tekan menu Selanjutnya untuk masuk ke laman pengisian data diri baik itu data pemesan maupun data penumpang. Perlu diperhatikan untuk data penumpang yang diketikkan harus sesuai dengan data KTP. Setelah seluruh data terlengkapi, tekan tombol Selanjutnya.

Laman yang ditampilkan berikutnya adalah rincian pemesanan tiket. Baca dengan seksama dan cek bahwa memang tak ada data yang keliru. Tekan pada tombol Print Bukti Pemesanan bila ingin mencetaknya. Pemesan kemudian menuntaskan pembayaran tiket dari opsi yang dipilih. Sesudah pembayaran tiket dilakukan, otomatis pemesan akan menerima email dan SMS konfirmasi sebagai bukti pembelian. Di dalamnya berisi kode booking serta data-data penumpang yang akan berangkat. Kode booking tadi bisa dicetak ke tiket dalam bentuk fisik melalui boarding pass atau mesin Check-in corner yang ada di stasiun keberangkatan selambat-lambatnya 10 menit sebelum berangkat.

2. Pesan tiket kereta api di Indomaret/Alfamart

Pesan tiket kereta api juga tersedia layanannya di Indomaret/Alfamart dekat rumah. Inilah cara memesan tiket kereta api yang cukup mudah dan praktis. Pemesan tinggal datang ke Indomaret/Alfamart dengan membawa data diri calon penumpang sesuai KTP. Di sini pemesan pun bisa memilih jenis kereta serta jam keberangkatan. Mengenai harga tiket kereta api bila membelinya di sini pun sama dengan harga yang berlaku di loket stasiun.

Setiap pembelian tiket apakah itu untuk satu penumpang atau beberapa sekaligus, pemesan dibebankan uang administrasi Rp.7.500. Adapun jika memesannya di loket stasiun setiap calon penumpang akan dipungut uang administrasi per satu orang. Layanan pesan tiket kereta api di Indomaret/Alfamart ini cukup dengan membawa data diri calon penumpang. Data-data yang juga akan diminta pihak kasir yaitu : nomor Hape, jenis kereta api yang  dibutuhkan, stasiun keberangkatan dan stasiun tujuan, tanggal dan jam keberangkatan, serta jumlah orang yang akan berangkat. Pembelian di minimatket ini pun akan mendapatkan bukti struk yang di dalamnya tercetak kode booking. Kode booking ini yang nantinya bisa ditukarkan dengan kertas tiket di stasiun keberangkatan.
Lebih baru Lebih lama