Harga tiket kereta Bandung Semarang KA Ciremai Lodaya Harina Ekspres Bisnis

Berbicara tentang kereta dari Bandung tujuan Semarang, tersedia tiga pilihan untuk kelas bisnis yaitu KA Harina, KA Ciremai Ekspres, dan KA Lodaya. KA Harina adalah kereta malam yang merintis rute Bandung Semarang meski sebelumnya ada KA Mahesa yang juga ke Semarang namun lewat dulu di Kroya-Slawi. Namun karena sepi peminat maka KA Mahesa pun dihentikan operasionalnya. Bagaimana tidak, rangkaian kereta tersebut harus menempuh rute yang panjang Purwokerto-Prupuk-Slawi-Tegal sebelum akhirnya ke Semarang.

KA Harina mulai dioperasikan pada tahun 2003 dengan jalur lebih pendek dan hanya tersedia kelas eksekutif. Start dari stasiun Bandung lalu menuju ke Cikampek dan kemudian mengarah ke Cirebon dan terakhir di Semarang Tawang. Di tahun 2010 KA Harina pun membuka kelas bisnis dan 4 tahun kemudian melayani kelas ekonomi. Untuk kelas ekonomi bahkan rutenya ditambah hingga sampai ke Surabaya Pasar Turi. Di tahun 2016 bersamaan dengan makin membludaknya minat penumpang di rute tersebut sehingga KA Harina pun kewalahan maka PT KAI pun mengoperasikan KA Ciremai Ekspres. KA tersebut tadinya hanya melayani perjalanan dari Bandung hingga Cirebon saja yang lalu disambung sampai Semarang Tawang dengan kelas eksekutif dan kelas bisnis.

Kini penumpang dengan rute tersebut diberikan pilihan bila ingin berangkat malam maka gunakan KA Harina dan bila ingin berangkat pagi maka naik KA Ciremai Ekspres. Lalu untuk pilihan ketiga adalah KA Lodaya. KA Lodaya memang hanya sampai Jogja/Solo. Dan setelah itu penumpang bisa berganti naik KA Kalijaga tujuan Semarang. Total jarak tempuh bila menggunakan jalur KA Harina kira-kira 450 km yang ditempuh dalam waktu sekitar 8 jam.

Berikut adalah harga tiket kereta Bandung Semarang baik untuk KA Ciremai Ekspres, KA Harina dan KA Lodaya Bisnis :

- KA Ciremai Ekspres Bisnis

 Berbicara tentang kereta dari Bandung tujuan Semarang Harga tiket kereta Bandung Semarang KA Ciremai Lodaya Harina Ekspres Bisnis

Berangkat dari Stasiun Bandung pukul 06.15 dan sampai di Stasiun Semarang Tawang pukul 13.45. Untuk harga tiketnya adalah kelas Bisnis B Rp.180.000 ; kelas Bisnis K Rp.160.000 ; kelas Bisnis N Rp.150.000 ; dan kelas Bisnis O Rp.140.000.

- KA Harina Bisnis

Berangkat dari Stasiun Bandung pukul 21.25 dan sampai di Stasiun Semarang Tawang pukul 04.56. Untuk harga tiketnya adalah kelas Bisnis B Rp.275.000 ; kelas Bisnis K Rp.250.000 ; kelas Bisnis N Rp.235.000 ; dan kelas Bisnis O Rp.220.000.
C. Kereta Api Lodaya Bisnis

- KA Lodaya Bisnis

Berangkat dari Stasiun Bandung pukul 18.55 dan Stasiun Kiaracondong pukul 19.07 kemudian sampai di Stasiun Solo Balapan pukul 03.58. Penumpang kemudian naik KA Kalijaga yang berangkat jam 05.20 untuk kemudian sampai di Stasiun Semarang Tawang pukul 07.55 atau di Stasiun Semarang Poncol pukul 08.15. Untuk harga tiketnya untuk kelas Bisnis B Rp.215.000 ; kelas Bisnis K Rp.190.000 ; kelas Bisnis N Rp.165.000 ; dan kelas Bisnis O Rp.140.000. Lalu untuk harga tiket KA Kalijaga Ekonomi Rp.10.000.

Dimana bisa membeli tiket kereta Bandung Semarang? Selain di Stasiun Bandung dan Stasiun Kiaracondong, calon penumpang pun bisa memesannya secara online di beberapa layanan online pembelian tiket. Misalnya : utiket.com, pegipegi.com, traveloka.com, tiket.com, tokopedia dan bukalapak. Beberapa pilihan pembayaran yang bisa dipilih mulai dari transfer, ATM Bank, Mandiri Klikpay, KlikBCA, ePay BRI, CIMB Click, Virtual Account, dan kartu kredit.
Lebih baru Lebih lama