Tanda-Tanda Tanda-Tanda Pompa Bensin Rusak

Salah satu komponen penting dari kendaraan roda empat yang perlu menerima perhatian dengan seksama yaitu fuel pump atau pompa materi bakar. Seperti namanya, alat ini bertugas memompa materi bakar dari tangki untuk dialirkan ke ruang bakar yang kemudian dibakar menjadi energi. Seiring dengan waktu penggunaan, pompa bensin pun sanggup bermasalah. Berikut beberapa tanda-tanda pompa bensin rusak atau bermasalah :


1. Mesin membrebet kemudian mati

Gejala pompa bensin rusak paling sering terjadi yaitu dikala menyala mesin tak sanggup stabil. Di RPM tinggi, mendadak mesin mbrebet atau tersendat kemudian mati. Kejadian tersebut muncul lantaran fuel pump tersumbat kotoran. Sehingga pasokan bensin ke ruang bakar pun tak lancar dan malah berhenti sama sekali.

2. Sekring pada pompa bensin hangus atau terputus

Para pemilik kendaraan beroda empat sanggup mengecek sekring tersebut dengan mudah. Biasanya posisi sekring ada di bawah kap persisnya di samping Accu. Penampakannya pun terlihat terang yakni ada bekas terbakar. Sekring yang hangus lantaran komponen tersebut mesti dilalui arus listrik yang berlipat ganda guna mendukung kerja pompa bensin. Meski di waktu berbarengan, fuel pump mampet. Akibatnya kerja sekring akan makin berat lantaran arus listrik meningkat sehingga terbakar dan putus.

3. Cek karburator

Untuk kendaraan yang masih menggunakan karburator, indikasi mogok disebabkan pompa bensin juga sanggup ditangani dari komponen ini. Untuk itu coba buka karburator kemudian semprot menggunakan carburetor cleaner dengan tujuan memastikan fuel pump masih mengalirkan materi bakar atau tidak. Jika sehabis disemprot pembersih, mesin sanggup menyala meski kemudian mati itu indikasi fuel pump bermasalah. Mesin sanggup menyala sementara lantaran memperoleh cairan carburetor cleaner yang mempunyai kandungan bensin. Ulangi langkah tersebut hingga tiga kali dan bila tetap ibarat itu maka sanggup dipastikan pompa bensin rusak.

Sementara cara menghindarkan biar pompa bensin tetap bekerja dengan lancar setidaknya ada 3 opsi. Pertama yaitu tak membiarkan tangki materi bakar dalam keadaan kosong. Segera isi materi bakar dikala jumlahnya tinggal 1/4 tangki. Opsi selanjutnya yaitu menguras tangki bensin dengan rutin. Direkomendasikan menguras tangki bensin setidaknya 5 tahun sehabis penggunaan untuk kendaraan beroda empat baru. Sementara kendaraan usang hendaknya setiap 2 tahun sekali. Di samping untuk membersihkan kotoran yang mengendap di tangki, menguras pun akan menyingkirkan banyak sekali unsur lain salah satunya bakteri.  Terutama untuk kendaraan dengan tangki materi bakar yang sering kosong.

Tips yang terakhir yaitu mengisi materi bakar dalam waktu yang tak pas. Misalnya dikala SPBU sedang atau gres saja mengisi bunker materi bakar atau pada siang hari dimana banyak pemilik kendaraan mengisi materi bakar. Sehingga sangat dianjurkan untuk mengisi materi bakar dikala udara hambar atau dikala POM bensin tak lagi mengisi ulang kawasan penyimpanannya di dalam tanah.

Lebih baru Lebih lama