3 Alternatif Cara Pesan Tiket Kereta Api

Perkembangan teknologi informasi yang ada sekarang ini memang membuat banyak orang tercengang. Layanan internet kini sudah masuk ke segenap lapisan masyarakat. Saat ini orang yang akan melakukan perjalanan menggunakan sarana kereta api tak usah lagi mengantri di stasiun untuk membeli tiket. Otoritas angkutan kereta dalam hal ini PT. Kereta Api Indonesia (KAI) merilis cara pesan tiket kereta yang sangat mudah dan menyenangkan.


Cara pesan tiket kereta api terbaru ini memanfaatkan jalur internet sehingga bisa dilakukan kapan saja. Calon pengguna kereta dapat membeli tiket kereta dengan membuka website resmi PT. KAI, Indomaret, Alfamart maupun layanan online pesan tiket pihak ketiga. Saat calon penumpang melakukan pemesanan di situs PT. KAI, maka cukup ikuti langkah yang diberikan, membayarnya lewat ATM dan menukarkan kode booking dengan tiket asli di stasiun.

1. Cara pesan tiket kereta di website PT. KAI

Di sini calon pengguna dapat masuk ke situs resminya di link https://tiket.kereta-api.co.id/. Setelah terbuka, pilih tombol Reservasi Tiket & Preorder. Lengkapi info yang diminta dengan mengisi sesuai kolom yang tersedia. Pada isian Tanggal, tentukan hari keberangkatan. Lalu pada isian Stasiun Asal, tentukan dari stasiun mana hendak pergi. Pada isian Stasiun Tujuan, tetapkan stasiun yang dituju. Pada isian Jumlah Penumpang, silahkan mengisinya sesuai jumlah yang akan berangkat dengan membedakan penumpang dewasa, anak-anak dan bayi. Begitu info yang diminta sudah diisi dengan betul, klik Tampilkan.

Layar berikutnya akan menampilkan informasi jadwal berangkat kereta mana saja yang melalui rute yang ditentukan konsumen. Calon penumpang tinggal memilih jam berangkat sekaligus kelas yang akan digunakan (eksekutif, bisnis, ekonomi). Selanjutnya klik Booking. Perincian mengenai pemesanan yang baru saja dilakukan tertampil di layar yaitu : nama kereta, tanggal dan jam berangkat, jam tiba, jumlah penumpang, total pembayaran dan sebagainya. Jangan lupa untuk mencentang "saya setuju" dan klik Lanjutkan.

Sesudah itu gunakan opsi pembayaran termudah yang tersedia yang pilihannya adalah :  transfer di ATM, bayar di Indomaret, Alfamart atau bayar di kantor pos. Klik Selanjutnya dan lengkapi data diri pemesan termasuk juga data-data penumpang. Harus diingat bahwa data penumpang yang dimasukkan mesti sama dengan yang tercetak di KTP. Sesudah semua terisi, klik Selanjutnya.

Layar selanjutnya kemudian memperlihatkan detil konfirmasi pesan tiket kereta, klik Print Bukti Pemesanan untuk mencetaknya. Calon penumpang harus segera menyelesaikan pembayaran dengan metode yang dipilihnya. Begitu pembayaran beres maka e-mail dan SMS konfirmasi akan terkirim ke pemesan. Nah, dalam email dan SMS tadi tercantum kode booking dan informasi data penumpang. Gunakan kode booking untuk ditukar dengan tiket asli di boarding pass atau mesin Check-in corner yang tersedia di stasiun keberangkatan paling telat 10 menit menjelang berangkat.

2. Cara pesan tiket kereta api di minimarket

Untuk memesan tiket kereta ternyata kini sudah tersedia di minimarket Indomaret dan Alfamart terdekat. Cara pesan tiket kereta di Indomaret menjadi solusi tepat bagi masyarakat yang mengandalkan moda transportasi massal ini baik untuk urusan bisnis maupun pergi liburan. Cukup dengan datang ke minimarket, di sana calon penumpang dapat mengetahui berapa harga tiket, kelas kereta dan waktu keberangkatan. Dan yang menarik, harga tiket tersebut tak lebih mahal dengan bila membelinya langsung di loket stasiun. Justru apabila masyarakat membeli langsung beberapa tiket hitung-hitungannya akan lebih murah.

Untuk diketahui bahwa tiap transaksi pesan tiket baik untuk satu orang atau beberapa orang sekaligus, konsumen akan dikenakan biaya administrasi sebesar Rp.7.500. Sementara bila membeli di loket stasiun tiap orang akan dikenakan biaya administrasi sendiri-sendiri. Adanya layanan ini tentu saja mempermudah calon penumpang yang bermaksud melakukan perjalanan menggunakan kereta. Prosedur pesan tiket kereta di Indomaret hanya dengan membawa KTP. Pemesan bisa melakukan pembelian melalui kasir Indomaret dengan menyerahkan KTP. Pihak kasir yang nantinya akan memasukkan data-data pemesan sesuai dengan yang ada di KTP seperti nama dan alamat. Pemesan pun diminta memberikan data nomor ponsel, kelas kereta yang  dipesan, stasiun berangkat dan stasiun tujuan, tanggal dan jam berangkat, dan memesan untuk berapa orang.

Setelah membayar harga tiket, pemesan akan memperoleh print out struk dimana di dalamnya tercetak kode booking. Berbekal kode booking dari Indomaret itulah calon penumpang bisa menukarkannya di stasiun keberangkatan baik di loket maupun mesin penukaran tiket otomatis. Bila melakukannya di loket maka jangan lupa untuk menunjukkan KTP asli dan fotokopinya kepada petugas. Paling telat kode booking kereta harus ditukar ke tiket asli 10 menit saat kereta akan berangkat. Calon penumpang pun bisa membatalkan tiket kereta yang sudah dipesannya tersebut di loket stasiun sebelum kereta berangkat.

3. Cara pesan tiket kereta di tiket.com

Selain di website PT. KAI dan di minimarket, pesan tiket kereta juga dilayani oleh layanan pihak ketiga. Salah satunya adalah yang diberikan oleh situs tiket.com. Caranya pun sama mudahnya dengan dua pilihan sebelumnya, cukup akses ke https://www.tiket.com/ bisa dari komputer atau laptop atau dari smartphone. Begitu halaman depan ditampilkan, klik menu Kereta Api. Berikutnya akan ditampilkan halaman pengisian data-data pemesan. Ada beberapa kolom yang harus dilengkapi, misalnya Stasiun Asal, pemesan harus memilih nama stasiun sebagai lokasi keberangkatan. Berikutnya pada kolom Stasiun Tujuan juga dipilih di stasiun mana penumpang akan turun. Lantas pada kolom Pergi, tentukan tanggal berangkat dengan klik angka di kalender yang disajikan. Centang di kolom "Pulang" bila pemesan hendak memesan tiket pulang pergi kemudian tentukan pula tanggal pulang. Sesudah itu isi berapa penumpang yang hendak berangkat dan klik Cari.

Pilih kelas kereta yang hendak diambil kemudian klik pada tombol “Pesan Sekarang”. Pada halaman selanjutnya ditampilkan form data pemesan dan juga data penumpang yang harus disesuaikan dengan yang tertera di KTP. Di sini pemesan bisa menentukan sendiri nomor kursi jika memang ada yang kosong. Untuk satu gerbong paling banyak berkapasitas 50 kursi. Pilihan pembayaran akan muncul dengan opsi : credit card, transfer lewat bank Mandiri, bank BNI, bank BCA, ePay BRI, transfer menggunakan ATM, CIMB Clicks, Tix Point atau Gift Card. Pembayaran dilakukan dengan menyertakan nomor ID Pesanan yang diberikan setelah proses pemesanan selesai. Pemesan diberikan batas waktu tertentu untuk membayar pesanan tiket.

Begitu pembayaran dituntaskan maka otomatis pemesan mendapatkan SMS dan email dimana di dalamnya ada nomor kode booking atau disebut e-ticket. Nomor kode booking tadi bisa diprint sendiri di mesin yang disediakan di stasiun keberangkatan. Jika karena alasan tertentu tiket yang sudah dipesan tadi dibatalkan, maka pemesan punya waktu sampai 1 jam menjelang kereta berangkat dengan mengurusnya di loket stasiun dengan memberikan KTP asli dan tiket yang sudah dicetak.
Lebih baru Lebih lama