Cara Pesan Tiket Kereta Api Tanpa Ribet dan Antri

Kereta api hingga saat ini masih menjadi andalan masyarakat yang ingin bepergian ke tujuan tertentu. Selain biayanya yang terhitung murah, kini layanan kereta api dari PT Kereta Api Indonesia pun sudah lebih baik dan termasuk nyaman untuk melakukan perjalanan jauh. Dan ada satu lagi layanan yang juga membuat sebagian besar pengguna menjatuhkan pilihan ke moda transportasi massal ini yaitu pemesanan tiket yang sudah bisa dilakukan secara online.


Layanan cara pesan tiket kereta api secara online ini sangat mudah dilakukan bahkan bagi yang baru pertama kali berkenalan dengan cara-cara online. Ada banyak keuntungan bila konsumen melakukan pemesanan tiket kereta api secara online ini. Yang paling terasa adalah konsumen tak perlu datang dan antri di depan loket tiket di stasiun yang bisa memakan waktu hingga berjam-jam. Yang kedua, harga tiket pun sama dan bahkan bisa lebih murah dibanding bila membelinya langsung di stasiun. Yang ketiga, konsumen bisa mengetahui dan memilih mana saja kereta dengan kursi yang masih kosong dan mana yang sudah habis dengan cepat. Lalu untuk pilihan pembayaran pun sangat fleksibel mulai dari transfer lewat ATM, membayar di Indomaret/Alfamart dan juga di kantor pos.

1. Cara pesan tiket kereta api secara online

Cara pesan tiket kereta api melalui situs resmi PT Kereta Api Indonesia (PT KAI) yaitu dengan akses ke https://tiket.kereta-api.co.id/. Dari halaman utama yang ditampilkan tersebut, di kolom "Info Jadwal & Reservasi" konsumen bisa mulai melakukan pemesanan tiket kereta. Ada beberapa data yang wajib untuk diisi. Pertama adalah tanggal keberangkatan dengan memilih dari menu drop down yang sudah tersedia (misalnya memilih : Jum'at 11 Agustus 2017). Data selanjutnya yang harus dilengkapi adalah Stasiun Asal, juga dipilih dari menu drop down yang tersedia (misalnya memilih : Cepu). Dilanjut dengan menentukan data Stasiun Tujuan, masih sama dengan memilihnya dari menu drop down (misalnya memilih : Bandung).

Proses cara pesan tiket kereta api selanjutnya adalah menentukan jumlah penumpang yang akan berangkat yang dibedakan menjadi penumpang dewasa (lebih dari sama dengan 3 tahun) dan penumpang Infant (kurang dari 3 tahun). Lalu klik pada tombol Tampilkan warna orange. Bila memang tersedia maka akan ditampilkan semua kereta yang tersedia untuk tujuan tersebut beserta kapasitas tempat duduk baik yang tiketnya masih tersedia maupun yang sudah habis. Dari contoh di atas yaitu pesan tiket untuk dari Stasiun Cepu Ke Stasiun Bandung pada Jum'at 11 Agustus 2017 akan menampilkan data-data sebagai berikut :

HARINA (73) Eksekutif Subclass A, berangkat 18:43 tiba 04:11 harga Rp 450.000
HARINA (73) Eksekutif Subclass W, berangkat 18:43 tiba 04:11 harga Rp 150.000
HARINA (73) Bisnis Subclass B, berangkat 18:43 tiba 04:11 harga Rp 340.000
HARINA (73) Bisnis Subclass K, berangkat 18:43 tiba 04:11 harga Rp 310.000
HARINA (73) Bisnis Subclass N, berangkat 18:43 tiba 04:11 harga Rp 290.000
HARINA (73) Bisnis Subclass O, berangkat 18:43 tiba 04:11 harga Rp 270.000
HARINA (73) Ekonomi Subclass C, berangkat 18:43 tiba 04:11 harga Rp 230.000
HARINA (73) Ekonomi Subclass P, berangkat 18:43 tiba 04:11 harga Rp 215.000
HARINA (73) Ekonomi Subclass Q, berangkat 18:43 tiba 04:11 harga Rp 200.000

Lanjut dengan klik pada tombol Pesan warna biru dari kereta yang dipilih. Halaman berikutnya akan menampilkan detil dari pesanan yang baru saja dilakukan. Dari contoh di atas misalnya adalah sebagai berikut :

Informasi Reservasi Kereta Api
Nama KA (No)    : HARINA (73)
Kelas : Ekonomi (C)
Asal : CEPU (CU)
Tujuan    : BANDUNG (BD)
Berangkat : 11 Aug 2017, 18:43 WIB
Datang    : 12 Aug 2017, 04:11 WIB
Harga Tiket
Dewasa : Rp 230.000
Infant    : Rp 0
Jumlah Penumpang
Dewasa : 1
Infant    : 0

Berikan tanda centang pada "Dengan ini saya setuju dan mematuhi persyaratan dan ketentuan Reservasi dari PT Kereta Api Indonesia (Persero), termasuk pembayaran dan mematuhi semua aturan dan pembatasan mengenai ketersediaan tarif atau jasa". Kemudian klik pada tombol Lanjutkan untuk masuk ke halaman Pengisian Data Penumpang dan juga Data Pemesan. Untuk data penumpang meliputi : nama lengkap dan Nomor ID (KTP, Paspor, SIM). Bila tak mempunyai ID maka diisi dengan tanggal lahir dengan bentuk penulisan : hhbbtttt. Kemudian untuk data pemesan meliputi : Nama, Email, No Hp, dan alamat lengkap.

Setelah data-data dilengkapi, pemesan melanjutkannya ke pembayaran. Tentukan metode pembayaran tiket termudah dari beberapa pilihan berikut : ATM bank, Indomaret, Alfamart atau kantor pos. Setelahnya klik pada tombol Selanjutnya. Sesudah itu pada layar akan ditampilkan halaman konfirmasi pemesanan. Segera saja membayar sesuai opsi yang dipilih misalnya melalui Indomaret. Bila pembayaran sudah diselesaikan maka pemesan akan dikirimi email dan SMS konfirmasi dimana di dalamnya tercetak kode booking, identitas penumpang dan detil perjalanan. Menggunakan kode booking tersebut calon penumpang dapat menukarkannya ke boarding pass atau tiket kereta di mesin Check-in corner di stasiun keberangkatan selambat-lambatnya 3 jam sebelum keberangkatan.

2. Mengenal RAILPAY sebagai alat pembayaran pembelian tiket

RAILPAY termasuk layanan uang elektronik berbentuk kartu yang dikeluarkan PT KAI bekerjasama dengan bank penerbit dan ditujukan bagi para pelanggan KAI. RAILPAY ini menjadi pengganti uang tunai dengan saldo yang tersimpan dalam chip kartu. RAILPAY bisa dipakai untuk alat pembayaran, alat transaksi serta identitas pelanggan KAI. Kartu ini selain bisa dipakai untuk membayar tiket kereta juga untuk Tiket Pesawat, Tiket Kapal Laut, Tiket Damri, uang Tol, Parkir (Res Parking,ISS Parking), BBM (SPBU Pertamina), membeli di toko retail (Indomaret, Alfamart, Alfamidi, Lawson, Superindo dan toko retail lainnya), restoran (Solaria, Excelso, Es Teler 77, dll), tempat rekreasi dan pelunasan tagihan (PLN, Telkom, Indovision, First Media).

Agar bisa memperoleh RAILPAY ini setiap pelanggan KAI mesti sudah terdaftar di aplikasi Mobile KAI Access kemudian membeli tiket KA Jarak Jauh dengan jumlah transaksi tertentu. Kartu RAILPAY meliputi 4 kelompok anggota meliputi : Kartu RAILPAY Regular, Kartu RAILPAY Premium, Kartu RAILPAY Gold dan Kartu RAILPAY Platinum. Kartu ini tak memiliki tanggal kadaluarsa dan tak berlaku nilai minimal transaksi. Untuk mengisi ulang kartu RAILPAY bisa dilakukan di ATM Bank penerbit yang memiliki tanda logo isi ulang dengan maksimal pengisian hingga Rp.1 juta.
Lebih baru Lebih lama