Cara menggunakan e Tiket Kereta Api Berbagai jurusan Jakarta ke Bandung Yogyakarta Surabaya Solo Semarang dan Malang.

Animo masyarakat untuk memanfaatkan moda angkutan publik kereta api terus meningkat secara signifikan. Mencermati minat para calon penumpang tersebut maka PT.Kereta Api Indonesia (PT.KAI) selaku operator kereta api di Indonesia terus menambah jumlah perjalanan KA ke berbagai tujuan yang biasanya menjadi favorit seperti dari Jakarta ke Bandung, Yogyakarta, Surabaya, Solo, Semarang dan Malang.

 Animo masyarakat untuk memanfaatkan moda angkutan publik kereta api terus meningkat secar Cara menggunakan e Tiket Kereta Api Berbagai jurusan Jakarta ke Bandung Yogyakarta Surabaya Solo Semarang dan Malang.
Pesan e Tiket Kereta Api Jakarta - Bandung di tokopedia

Masyarakat yang akan melakukan perjalanan dengan kereta api bisa segera memesan tiket. Pemesanan tiket kereta api dapat dilakukan di sejumlah outlet yang telah menjalin kerjasama dengan PT.KAI. Masyarakat pun bisa melakukan booking lewat layanan pemesanan online. PT.KAI telah mencanangkan untuk bertransformasi ke bentuk pemesanan digital sehingga calon penumpang bisa melakukannya dengan mudah. Bahkan saat ini operator kereta api di Indonesia ini merilis aplikasi pemesanan tiket khusus yang dinamakan aplikasi KAI access. Aplikasi tersebut dapat didownload di App store atau Play Store di smartphone. Kemudian untuk boarding, penumpang tinggal menunjukkan e tiket kereta di smartphone. Pemesanan bisa dilakukan paling awal 90 hari sebelum waktu keberangkatan.

 Animo masyarakat untuk memanfaatkan moda angkutan publik kereta api terus meningkat secar Cara menggunakan e Tiket Kereta Api Berbagai jurusan Jakarta ke Bandung Yogyakarta Surabaya Solo Semarang dan Malang.
Cara Pesan e Tiket Kereta Api Gambir - Bandung di bukalapak

Membahas mengenai e tiket kereta, PT KAI memberlakukan perbaikan pelayanan boarding penumpang KA lewat e-boarding pass. Fitur e tiket kereta atau e-boarding pass diluncurkan guna menjawab kebutuhan masyarakat saat ini yang maunya semua serba instan dan cepat. Fasilitas e-boarding pass adalah boarding pass elektronik dari aplikasi KAI Access versi terbaru. Penumpang yang akan memakai fitur ini harus mendownload aplikasi KAI Access lebih dulu. Penumpang tinggal memperlihatkan e-boarding pass yang tertampil di layar ponsel ke petugas boarding, tanpa perlu mencetak dalam bentuk karcis fisik.

Layanan e tiket kereta resmi diluncurkan Oktober 2017 lalu. Fitur e-boarding pass ini khusus untuk pemesanan tiket melalui aplikasi Kai Access. Kode e tiket kereta bisa ditampilkan dua jam sebelum jam keberangkatan kereta. Dan bila sudah keluar e-boarding pass di aplikasi KAIAccess, maka penumpang tak bisa mencetak e tiket tersebut di mesin CIC di stasiun. e-boarding pass sendiri menjadi bukti sah sebagai pengganti tiket fisik untuk masuk ke gerbong kereta.

Memesan tiket dari aplikasi KAI Access pun berlaku pembatalan jika memang calon penumpang menghendaki. Bila kebetulan penumpang salah stasiun dan pembatalan sebelum 7 x 24 jam, e tiket akan diproses menjadi bukti transaksi (blanko putih) yang kemudian dilakukan pembatalan (batal pembeli) atau mengubah jadwal berangkat. Bila penumpang memang berada di stasiun yang sesuai dan tiket belum 7 x 24 jam, e tiket akan diproses menjadi boarding pass di check in counter untuk berikutnya diproses pembatalan (batal pembeli) atau diubah jadwal keberangkatannya. Sebelum memproses pembatalan atau mengubah jadwal keberangkatan maka petugas loket akan mengecek kode booking dari menu history transaksi atau kolom kode booking di aplikasi Rail Ticket System (RTS).

e tiket kereta yang tertera di aplikasi KAI Access di smartphone pengguna sangat memudahkan mereka saat check in di stasiun keberangkatan. Layanan ini sementara baru tersedia untuk para penumpang yang akan melakukan perjalanan kereta api jarak jauh misalnya Jakarta Yogyakarta, Jakarta Semarang, Jakarta Surabaya dan sebagainya. Kini tak ada lagi rutinitas antri lama di depan loket check in berkat e tiket kereta.
Lebih baru Lebih lama